Panduan Menulis (Fanfiction)

Annyeong haseyo, readers!!^^

Biasanya kalau kalian baca ff banyak typo-nya pasti rasanya gimanaaaa gitu kan?? Ada yg ngerasa gak ngerti, ada yg berasa susah memahami ceritanya, ada juga kan yg susah masuk ke dalam cerita?

Kalau pengen nulis, resikonya ya harus juga berani sama yg namanya MENGEDIT.

Cerita akan lebih menarik jika diiringi dengan tulisan yang baik. Kata atau kalimat gak mesti baku, tapi penulisan tanda kutip dalam dialog, koma utk memberi jeda, dan titik setiap akhir kalimat ada baiknya harus bener.

Kadang–bisa dibilang lumayan sering–ada reader yang bingung kalau ada pengetikan kata/kalimat itu ketuker atau kebalik hurufnya.

Kali ini, aku mau ngeshare mengenai tata penulisan yang baik yang aku kutip dari sebuah blog ff yg lain.

Berikut pegangan yang mungkin berguna :

1. Tanda baca ditempakan sebelum tanda petik tutup

contoh: “Jadi intinya?” tanya Minhee.

Berlaku juga untuk tanda baca lain sebelum tanda petik tutup.

2. Beri sepasi setelah tanda baca (titik, koma, tanda seru, tanda tanya) dan petik tutup dengan kata selanjutnya.

3. Tanda titik disetiap akhir kalimat sebagai tanda tutup, jika bukan kalimat dalam tanda petik. Apabila kalimat yang berada didalam tanda petik tidak ada kelanjutannya, maka diberi tanda titik sebelum tanda petik tutup. contoh : “Sepertinya ini bukan salahku.”

Apabila kalimat yang berada didalam tanda petik masih ada kelanjutannya, maka diberi tanda koma sebelum tanda petik tutup. contoh: “Aku ingin pergi menemuinya,” jawab Haneul.

4. Beri tanda koma “,” dan sepasi antara kalimat biasa dan kalimat dalam tanda petik. contoh: Minhee bertanya dalam hati, “Benarkah seperti itu?”

5. Huruf besar setiap mengawali kalimat, setelah tanda petik, tanda titik, dan pada nama orang, kota, kata sapaan (OppaEonnie).

6. Penulisan italic (cetak miring) pada kata yang bukan merupakan kata-kata bahasa Indonesia; seperti romanisasi Hangeul, kata/kalimat asing, ungkapan/ekspresi (okeh, khan, deh), partikel asing seperti ‘-ah’ pada nama yang berakhiran huruf konsonan dan ‘-ya’ pada nama yang berakhiran huruf vokal.

contoh: So Eun-ah, bukan So Eun-ya. Shin Hye-ya, bukan Shin Hye-ah.

Sebenarnya kalau kalian baca pun pasti ngerasa aneh kok kalau penggunaannya salah.

7. Beri tanda koma dalam percakapan tanda petik contoh: “Gomawo, Bee,” ujar Minhwa.

8. Biasanya bermasalah sama yg satu ini nih. Dalam penulisan tempat/nama tempat, kata depan di itu harus dipisah. Misalnya: di sini, di mana, di rumah, di kamar, di telepon, dsb. Sedangkan untuk kata sifat/kata kerja, yg namanya awalan di- itu digabung, misalnya: dimakan, digemari, diatur, disukai, dsb.

 

 

Semoga panduan ini dapat berguna bagi kalian yang pengen/suka nulis fanfiction. Untuk tambahan ttg penulisan yg baik dan benar, kalian bisa baca buku tentang EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) ^^. Panduan menulis tidak hanya berguna buat nulis semacam ff aja, tapi bisa buat tugas2 sekolah/kuliah kalian ^^.

 

 

credit: thecuties @ SoFF

added by: mybabyLiOnew @ milki’s home

 

 

Jangan karena alasan bikinnya buru-buru, males ngedit, atau apalah, jadi bikin kalian malas mengedit dan malas memperhatikan apa yg typo.

Biasakanlah setelah selesai nulis/ngetik ff, kalian cek lagi. Apakah ada pengetikan yg salah, apakah ada yg perlu ditambahin, atau mungkin perlu dikurangin kalau berasa berlebihan dan bertele-tele.

Dalam menulis, kita juga harus memikirkan perasaan dan kenyamanan pembaca saat membaca tulisan kalian nanti. Jadi, biasakanlah mengedit tulisan kalian sebelum memposting/mengirimnya ke blog2 ff, ato memungkinkan mengirim ke penerbit.

 

Berani Menulis, Harus Berani Juga Mengedit Tulisan Kalian ^^

25 responses to “Panduan Menulis (Fanfiction)”

  1. VayTeuKey says :

    Annyeong . . . ^^
    wah ada yang bikin postingan kaya gini. bagus juga untuk para author yang baru mulai untuk menulis. tapi untuk author lama juga pasti bermanfaat banget.

    aku cuma mau kasih komentar tentang ungkapan chingu yang “Kata atau kalimat gak mesti baku.” maaf sebelumnya, tapi menurutku kata atau kalimat baku juga menentukan lho cerita itu akan lebih menarik atau nggak. maksudnya gini, bukan berarti kata tidak baku tidak boleh digunakan akan tetapi mungkin redaksi chingu sedikit di rubah.

    dalam penuturan sebuah cerita sebaiknya dari awal kita menentukan, akan memakai kata/kalimat baku atau tidak pada cerita yang akan kita buat. misalnya dalam satu kalimat kita menggunakan kata baku dan tidak baku secara, saya rasa itu akan kurang enak dibaca.

    Contoh : “So Eun-ah, kenapa kau nggak mau makan ini?” coba deh bandingin sama yang ini “So Eun-ah, kenapa kau tidak mau makan ini?” lebih enak di baca yang mana?

    saya komentar seperti ini dilihat dari sudut pandang sebagai author juga reader.

    sebagai author saya sendiri memang kurang suka memakai kata-kata tidak baku kecuali untuk cerita-cerita dengan nuansa Indonesia. kita bisa memakai kata seperti “lo, elu, gue dll”

    nah sebagai reader saya mengerti, semua author memiliki ciri khasnya masing-masing dalam cara menuturkan ceritanya. khusunya dalam pemakaian kata/kalimat tidak baku juga gaya bahasa yang disampaikan.

    maaf chingu jika komen saya ini mungkin tidak berkenan di hati chingu. boleh di hapus kok.

    • bumssoindo says :

      setuju sama kamu..
      aku juga lebih suka pke yg baku.. tp maksud baku di sini itu baku yg terlalu gimana gitu.. tp klo kyk aku, kamu, itu aku lbh suka memakai itu drpd loe, gue… biarpun itu cerita nuansa Indonesia..
      mgkn lbh ke nuansa formal, tp gak formal bgt ya…

  2. AnnisaHourai says :

    Bagus banget pembahasannya min. aq jg berpendapat penulisan ff ga harus kata baku yg penting jelas. ada beberapa author yg mngkin males ato apa nulis kata2 tertentu disingkat2.
    trus ada jg yg kyak kereta api, nggak dikasih paragraf dst
    yg paling bikin bingung klo ff yg ditulis diambil mentah2 dari komik. jadi bahasa yg digunakan bahasa percakapan komik, tentu aja akan sangat sulit memahami ff tersebut. jadi tolong author, klo memang terinspirasi ma komik bisa nggak klo latar, seting, alur jg diceritakan, bkn hanya percakapan doang.

    • AnnisaHourai says :

      bkn maksud menggurui ato apa, cuz nulis ff tu memang nggak gampang. yg ngritik blom tentu bisa bikin ff *saya contohx, g bisa bikin😛 *
      so jngn kecewa klo ff-x dikritik, n tetep terus berkarya, karena menjadi baik memang butuh proses n kerja keras #halah#
      haiting author bsi😀

  3. geill says :

    bagus juga nih penjelasannya bisa jd masukan buat aku yang mau belajar buat ff, soalnya kadang suka bingung gmn penulisan yang baik dan benar.
    terima kasih ya dah ngasih penjelasan tentang “panduan menulis(fanfiction)”

  4. my_minnie says :

    Gomawoyo buat Infonya🙂

  5. SparKyu_SnowWhite says :

    gomawo buat info-nya,

  6. Park So Young says :

    gomawo for infonya bermanfaat sekali😉

  7. citra says :

    thanks buat infonya y….
    aku lagi berusaha buat nulis FF jg mana tau bisa jadi author tetap disebuah blog. hehehe…… *ngarep banget*
    aku emang suka bingung mau ngeletakin tanda baca.

    oh y klo misalnya kita menterjemahkan FF milik orang lain tapi dari Bahasa Inggris ke bahasa indonesia boleh gk.
    Gk melanggar hak cipta si penulis kan?????
    Mohon dijawab……

    sekali lagi thanks ya…..
    Mari kita berusaha bersama – sama.

  8. Lila Tyas says :

    wach bru tau ini blog…
    pas buka.. lngsung bca postingan ini.. aku juga suka bgt nulis ff.. walaupun gk prnh aku post di’blog ku ataupun blog lain krn aku tkut gk da yg suka dgn ff bwatan’ku..

    pas stlh bca postingan ini, jdi sneng bgt cz bsa ngerti gmn cra nulis ff yg bisa di’senangi sma pembaca..
    gomawo chingu..

  9. Vhiian Pumpkins'Elf Wolly Holic says :

    gomawo udah mbahas tentang ini…
    akhirnya aku ngerti cara nulis FF yang bener… ^^

  10. kpopersinaoke says :

    gomawo uda bahas ini..
    ahrinya aku tau gmana yang bener..
    gomawo…

  11. Yara says :

    Gomawo panduannya. Sekarang ilmu ku jadi nambah deh. Aku mau nanya, kalo ceritanya uda bikin ada dialognya gitu, itu harus dibikin paragraf ya? Biar jelas. Contoh
    suatu hari bla..bla..
    “selamat pagi.” ucap A
    “selamat pagi juga.” ucap si B
    gini kan? Terima kasih sebelumnya

  12. AmaLoveKevinWoo says :

    Kalo aku sebenarnya udah jadi author yg baik, karena aku jarang banget typo, Tapi aku gak tau cara join jadi author di FanFiction.Net, jadi terpaksa deh cuma nulis FF dikertas doang. Thor, sekali- sekali post cara join jadi author di FanFiction.Net dong.. Gomaweo

  13. sarihwang says :

    trus,gimana nih,aku gak tau PG nya berapa…,,,😦

  14. imsoojung says :

    Hallo eonni semua, , , ada yang mau bantu saya? Blog saya begitu sepi, dan visitor disana sangat kosong. Ada yang mau bantu saya membuat blog saya menjadi sedikit lebih hidup? Coss saya masih newbe. Hehe saya jarang lo nemu postingan gini di WP fanfiction mereka, walaupun pernah. Oh ya dan salam kenal eonni, mohon bantuannya ya?

    http://mykoreanfanfictionarsip.wordpress.com/

  15. M i n N a n a says :

    gomawo! membantu sekali artikel nya ^^

  16. fanfictiontypo says :

    Ijin promot blog wp baru nih… maaf ya ganggu.. kalau sempat dikunjungin ada beberapa FF disana read and like comment ya.. http://www.fanfictiontypo.wordpress.com ada ff bts sama exo.. gomawo ^^

  17. Lucia Eno Novotna says :

    Wih… Tips banget buat saya

  18. Han.G says :

    Kak, izin share lewat facebook yaa ^^

  19. Sinta says :

    Izin share di blog aku ya, aku sertain sumber nya kok. Gomawo🙂

  20. Putri Grediana says :

    boleh gak saya gabung di bumsso indonesia ini sebagai author ?
    trimakasih🙂

Leave a Reply

